Sebelumnya, Apasih patah hati itu ?

Patah hati adalah suatu metafora umum yang digunakan untuk menjelaskan sakit emosional atau penderitaan mendalam yang dirasakan seseorang setelah kehilangan orang yang dicintai, melalui kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik atau penolakan cinta.

Patah hati biasanya dikaitkan dengan kehilangan seorang anggota keluarga atau pasangan hidup, meski kehilangan orang tua, anak, hewan peliharaan, orang yang dicintai atau teman dekat bisa “mematahkan hati seseorang”, dan sering dialami ketika sedih dan merasa kehilangan. Frasa ini mengarah pada sakit fisik yang dirasakan seseorang di dada sebagai dampak kehilangan tersebut, tetapi ada pula perpanjangannya yang meliputi trauma emosional ketika perasaan tersebut tidak dialami sebagai wujud sakit somatik. Meskipun “patah hati” biasanya tidak memberi kerusakan fisik apapun pada jantung, ada sebuah kondisi bernama “sindrom patah hati” atau kardiomiopati Takotsubo, yaitu ketika sebuah insiden traumatik mendorong otak untuk menyalurkan zat-zat kimia ke jaringan jantung yang melemah.

 

Ada beberapa mengatasi/ mengurangi dampak patah hati:

Kamu mengalami sakit hati yang mendalam akibat cinta yang kandas ditengah jalan, atau cinta Kamu bertepuk sebelah tangan? Hal itu wajar memang wajar dialami oleh wanita. wanita adalah makhluk yang mengedepankan perasaan dibanding dengan logika. Wah... kalau sudah sakit hati, kita menjadi tidak selera melakukan aktivitas harian. Ini bisa berbahaya Ladies. Untuk itu, yuk kita simak tentang cara mengatasi sakit hati karena cinta.

1. Putus Kontak Sementara

Kamu harus memutuskan komunikasi untuk beberapa lama. Mungkin hal ini berat bagi anda. namun, jika anda masih terus menghubungi dan bertemu dengannya, Kamu malah tidak akan bisa move on darinya. Kamu akan terus terbayang-bayang jika tetap saja masih menghubunginya. Jadi, untuk sementara jangan menghubunginya sedikitpun untuk membuat hati Kamu lebih tenang dan bisa bangkit dari keterpurukan.

2. Menangislah Keluarkan Keluh Kesahmu

Jika menangis dapat membuat perasaan Kamu menjadi lebih lega, menangislah sekeras Kamu mau. Biasanya, setelah puas menangis hati akan merasa plong. Dan Kamu akan belajar memperbaiki kekurangan Kamu untuk menjalin hubungan selanjutnya. jadi, Kamu jangan malu ya Ladies kalau memang mau menangis, ya menangislah.

3. Sibukkan diri Kamu

Jangan terus memikirkan dia yang sudah mengkhianati cinta Kamu. Cobalah menyibukkan diri dengan hal – hal yang Kamu sukai. Kamu bisa belajar memasak, menonton film, berkebun atau hal lain yang bisa membuat pikiran kamu tidak terpacu padanya. Sehingga dikit demi sedikit Kamu akan lupa pada Dia yang telah membuatmu sakit hati.

4. Curhat Dengan Sahabat Dekat

Curhatlah kepada sahabat dekat Kamu. Biarkan uneg – uneg Kamu keluar semua. Sahabat kita pasti akan mengerti apa yang kamu rasakan. Bahkan, mereka akan dengan senang hati menghibur Kamu agar tidak terus memikirkan lelaki yang tidak penting. Dengan begitu, saya yakin kamu akan merasa lebih lega dan nyaman.

5. Menyanyilah Sesuka hatimu

Menurut psikolog, menyanyi adalah kegiatan yang dapat membuat stress menjadi hilang. Menyanyilah lagu yang membuat anda menjadi semangat. Jangan justru menyanyikan lagu – lagu bertema patah hati. dengan begitu, pikiran Kamu akan lebih terbuka untuk segera melupakannya.

6. Curahkan Isi Hati Dengan Menulis

Tulislah apa yang kamu rasakan disebuah kertas. Jika Kamu kreatif, Kamu bisa menuliskannya dalam bentuk puisi. Puisi tersebut bisa anda manfaatkan untu mengikuti lomba naskah puisi yang akhir – akhir ini banyak diselenggarakan. Jadi, selain bisa membuat hati lebih plong, puisi bisa bermanfaat juga untuk diikutkan ke lomba.

7. Berliburlah Ke Tempat Yang Menyenangkan

Pergilah berlibur bersama teman atau keluarga Kamu. Kamujuga harus pandai memilih tempat liburan. Jangan memilih tempat berlibur yang pernah Kamu kunjungi bersama sang mantan. Karena, hal itu justru akan membuat kalian teringat padanya. Jadi, pilihlah tempat wisata yang belum pernah kalian kunjungi agar bisa menambah wawasan baru.

8. Berikan Rasa Terima Kasih Sama Mantan Kamu

Walaupun Kamu sudah dibikin sakit hati sama mantan, ada baiknya kamu tetap mengingat kebaikan yang telah dilakukan mantanmu, ucapkanlah terima kasih dan lakukan hal itu agar hati kamu sedikit lebih tenang, sehingga rasa kebencian Kamu sama mantan akan terasa berkurang, dan anggaplah bahwa kejadian ini tidak pernah terjadi, agar tidak memperpanjang rasa sakit hati Kamu, yang ada kalau Kita terus-terusan sakit hati hanya akan membuat mantan besar kepala dan sombong, maka itu Kita buktikan bahwa Kita bisa move on dengan mudah.

Tonton juga Videonya:

 

Semoga Bermanfaat:)

http://id.wikipedia.org/wiki/Patah_hati

http://www.cintamela.com/8-tips-mengobati-sakit-hati-karena-putus-cinta/